Cara Melacak HP yang Hilang dengan Akun Google

HP Anda lupa posisinya ? Hilang ? dicuri ?atau sebab-sebab lainnya yang intinya kita tidak menemukan HP pada saat kita ingin menggunakannya. Kebanyakan langkah paling muda yang bisa dilakukan untuk menemukan HP yang hilang adalah dengan cara melakukan panggilan (misscall) ke nomer yang yang berada di HP tersebut. Masalahpun selesai karena HP kita kebetulan berada di sekitar kita, dan keadaannya dalam posisi suara tidak disenyapkan dan atau nada getar kita dalam keadaan hidup. Lain lagi situasinya jika posisi HP yang hilang jauh dari posisi kita, dan suara atau nada getar tidak dihidupkan. Panggilan yang kita lakukan mungkin hanya sia-sia belaka. Apalagi nomer HP yang sebelumnya berada di dalamnya telah diganti dengan nomer lain.

HP android agar berjalan sebagaimana mestinya mempersyaratkan penggunanya untuk menyematkan akun Google pada saat pengaturan awal. Akun ini sangat penting karena berhubungan dengan kinerja aplikasi dan kinerja sistem android.

Nah salah satu manfaat akun google yang bisa kita optimalkan berhubungan masalah di atas adalah mencari atau melacak HP yang hilang. Melalui blog ini saya akan berbagi cara untuk melacak HP yang hilang menggunakan akun Google yang kita miliki. Jangan menunggu HP hilang baru melakukan cara ini. Cara Melacak HP yang hilang menggunakan akun Google ini sangat penting untuk dicoba, karena hasilnya lebih efektif daripada menggunakan cara kovensional sebelumnya.


Kelebihan cara melacak HP yang hilang menggunakan akun Google dengan cara sebelumnya adalah :
  1. Bisa menderingkan HP yang hilang walaupun kondisinya dalam keadaan suara disenyapkan ( suara dinonaktifkan)
  2. Bisa menghapus aplikasi yang berhubungan dengan privasi kita agar tidak diketahui orang lain dari jarak jauh.
  3. Bisa mengunci HP dan mengirimkan pesan ke orang yang lain yang menemukan HP kita yang hilang.

Langsung saja kita lakukan simulasi untuk antisipasi barangkali suatu saat HP kita hilang atau tak rimbanya dimana. Saya mempersiapkan sebuah HP untuk melakukan simulasi ini. Kebetulan HP yang saya gunakan adalah Oppo Joy R1001.

Antisipasi HP hilang Aktifkan Fitur Kemanan di Google Setting (Setelan Google)

Pastikan HP yang mau kita kontrol keberadaannya telah aktif fitur keamanannya. Untuk mengatur fitur ini, ikuti langkah berikut ini :
  1. Pastikan HP Anda sudah memiliki akun Google
  2. Buka Google Setting ( Setelan Google)
  3. Pilih Security (Keamanan)
  4. Izinkan mengunci dan Mengembalikan ke setingan pabrik
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/cara-melacak-hp-yang-hilang-dengan-akun.html

Jika sudah melakukan langkah di atas, anggap HP di atas hilang. Kita akan melacak HP tersebut dengan bantuan fitur pencarian HP yang hilang pada akun Google, seperti Langkah-langkah berikut ini :

Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Akun Google

1. Buka Akun Google ; Silahkan buka Akun Google Anda melalui alamat http://accounts.google.com, silahkan masukkan username (email) dan password yang anda sematkan / pakai pada HP android Anda yang hilang.
2. Pilih Temukan Ponsel Anda dan tekan mulai
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/cara-melacak-hp-yang-hilang-dengan-akun.html

3. Pilih Ponsel atau Tablet ; Pada tampilan layar akan muncul perangkat yang pernah menggunakan akun Google seperti yang dipakai pada HP kita yang hilang.
4. Pilih HP jenis/merk HP Anda Hilang.
5. Deringkan atau mencari ponsel ; pilih selanjutnya
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/cara-melacak-hp-yang-hilang-dengan-akun.html

6. Pengelola Perangkat Android ; Pada tampilan disajikan peta lokasi keberadaan HP yang hilang beserta statusnya apakah online atau offline. Jika HP kita yang hilang dalam keadaan hidup, terhubung dengan internet dan masih menggunakan kita maka statusnya online, begitu pula sebaliknya. Jika GPS dalam keadaan non aktif, maka dibawah status Online/Offline akan bertuliskan “Lokasi Google Telah dinonaktifkan”, begitupula sebaliknya. Keuntungan jika GPS dalam keadaan aktif, maka posisi HP yang hilang akan muncul dalam peta. Dibagian bawah Tamilan ini ada tiga pilihan menu :
  • Deringkan ; menu ini bertujuan untuk menderingkan/memanggil HP kita yang hilang. Walaupun modus senyap/modus tanpa suara kita, bisa menderingkannya. Bunyi dering yang terdengar bervolume maksimum. Untuk menghentikan deringnya caranya dengan menekan tombol power.
  • Kunci ; menu ini jika dipilih otomatis akan mengunci HP yang hilang dengan password yang kita tentukan.
  • Hapus ; menu ini akan menghapus berbagai aplikasi dan pengaturan sehingga kembali ke pengaturan pabrik. Data-data kita akan terhapus sehingga privasi kita tidak diketahui orang yang menemukan HP kita.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Melacak HP yang Hilang dengan Akun Google. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Comments
0 Comments