Pengertian Astrobiologi Berdasarkan Ilmu Biologi

Tags

Astrobiologi – mempelajari evolusi, distribusi, dan masa depan kehidupan di alam semesta juga disebut eksobiologi, eksopaleontologi, dan bioastronomi.


http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/01/pengertian-astrobiologi-berdasarkan.html

Astrobiologi (kadang disebut juga eksobiologi, eksopaleontologi, bioastronomi, dan xenobiologi) adalah kajian tentang asal, evolusi, penyebaran, dan masa depan kehidupan di alam semesta. Bidang ilmu antardisiplin ini meliputi pencarian lingkungan lain baik di dalam maupun di luar Tata Surya, pencarian bukti kimia prebiotik, kehidupan di Mars dan benda lain di Tata Surya, penelitian laboratorium dan lapangan perihal asal dan evolusi awal kehidupan di Bumi, serta kajian potensi makhluk hidup untuk beradaptasi di Bumi dan di luar angkasa.

Astrobiology adalah studi tentang potensi kehidupan di luar batas-batas planet Bumi. Ini menggabungkan beberapa disiplin ilmu, termasuk biologi, kimia, astrologi, dan geologi. Beberapa perguruan tinggi dan universitas memiliki program astrobiologi.

Para Ilmuan Astrobiologi, ada beberapa perdebatan tentang astrobiologi. Beberapa peneliti merasa bahwa orang harus berfokus pada kehidupan di Bumi, serta masalah yang dihadapi oleh organisme di Bumi, bukan pada potensi kehidupan di luar batas-batas bumi. Lainnya melihat ke bawah hidung mereka di astrobiologi karena dipandang sebagai ilmu pinggiran, sangat bergantung pada teori, anggapan, dan ekstrapolasi. Namun, beberapa merasa bahwa astrobiologi adalah bidang studi yang penting, dan bahwa hal itu bisa memberikan petunjuk ke masa depan kehidupan di Bumi serta yang di alam semesta pada umumnya.

peneliti di bidang ini mempelajari sejarah, evolusi, dan sifat kehidupan di Bumi untuk mempelajari lebih lanjut tentang potensi kehidupan di alam semesta. Dengan melihat kehidupan bumi, ahli astrobiologi dapat berpikir tentang parameter yang dapat digunakan untuk mempersempit pencarian kehidupan di tempat lain. Sebagai contoh, umumnya berpikir bahwa air sangat diperlukan untuk mendukung kehidupan, sehingga peneliti sangat tertarik pada objek dalam ruang yang memiliki deposito air. Masalah seperti kedekatan bintang ke planet yang bisa hidup juga menarik. 

Selain melihat kehidupan di Bumi dan mencoba untuk membuat proyeksi tentang masa depan evolusi, astrobiologists juga melihat ke bintang-bintang. Mereka mempelajari benda-benda diambil dari ruang angkasa, seperti bahan dari bulan, serta foto-foto planet jauh dan benda-benda lain di luar angkasa. Dengan mempelajari artefak tersebut, mereka berharap untuk mendeteksi jejak kehidupan, atau setidaknya tanda-tanda bahwa kehidupan pernah ada.

Studi tentang bentuk kehidupan asing juga memerlukan beberapa tantangan terhadap dasar-dasar biologi. Sebagai contoh, struktur seluler yang diperlukan untuk kehidupan di Bumi mungkin sama sekali berbeda di sudut-sudut lain dari alam semesta, dan blok bangunan dasar untuk hidup mungkin juga cukup berbeda.

Terima kasih telah berkunjung di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang berjudul Pengertian Astrobiologi Berdasarkan Ilmu Biologi, dan semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat buat anda sahabat Akostader.

Comments
0 Comments