Tips Membuat Nomor Urut Secara Otomatis
Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel – Excel merupakan sistem atau
perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah angka yang banyak
memberikan manfaat dalam kehidupan manusia untuk menunjang aktifitas
harian manusia.
Microsoft Excel itu sendiri
sudah umum diketahui oleh banyak orang, bahkan anak-anak SD juga sudah
mulai mengetahui computer. Dan bagi anda yang sekolah di SMP, SMA, atau
pun perguruan tinggi anda tentu lebih familiar dan sudah mengenal dengan
baik bagaimana M.s Excel.
Selain berfungsi sebagai pengolah angka, ms Excel juga memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang banyak dibutuhkan dalam menunjang
informasi keseharian manusia. Penggunaan ms Excel itu sendiri saat ini
tidak hanya di komputer PC atau pun Laptop, tapi juga smartphone dengan
platform berbasis windows, Macintos, dan lain sebagainya.
Ketika anda memiliki puluhan, ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu
data, anda bisa memanfaatkan program aplikasi ms. Excel untuk membantu
anda menyimpan data-data anda. Selain itu anda mungkin juga membutuhkan
data yang sudah dikelompokkan. Nah dalam pengelompokkan data tersebut,
anda tentu juga ingin bahwa data tersebut tersusun rapi berdasarkan
nomor urut.
Nah, untuk mendapatkan data yang urut otomatis maka anda perlu
mengetahui tips atau langkah membuat nomor urut otomatis dalam excel.
Untuk itu simak informasi selengkapnya seputar cara membuat nomor urut
otomatis dengan fungsi If berikut ini. sebenarnya Pada tuorial
sebelumnya mengenai cara Mengatur Nomor Urut Yang tidak Beraturan Dengan Rumus Excel sudah pernah dibahas, tutorial ini merupakan alternatif tutorial sebelumnya
Maksud membuat nomor urut otomatis adalah bahwa nomor urut tersebut
akan terisi atau ada jika data sudah dimasukkan, jika data belum
dimasukkan maka nomor urut tidak akan muncul. Di sini saya akan
memberikan ilustrasi missal ada 3 kolom yang berisi data tentang nomor
urut, nama, dan asal sekolah. Dan jika data pada kolom nama di isi, maka
nomor urut akan muncul secara otomatis pada kolom nomor. Dalam membuat
nomor urut dengan fungsi If ada dua cara yaitu ; 1) Nomor Urut otomatis
dalam ecxel dengan fungsi IF dan COUNTA, 2) membuat nomor urut otomatis
dalam excel dengan fungsi IF dan ROW.
Yang pertama saya ulas adalah membuat nomor urut dengan Fungsi IF dan Counta
Pada Cell A2 masukkan rumus
Rumus tersebut berarti jika cell B2 tidak sama dengan kosong maka
cell A2 akan menampilkan nilai dari Counta COUNTA($B$2:B2), dan jika
cell B2 tidak ada isinya maka cell A2 juga tidak akan muncul nomor
urutnya. Mmebuat nomor urut otomatis dengan counta ini maka nomor urut
yang ada pada data anda akan tetap urut meskipun data anda ada yang
lompat baris.
Kedua, Cara Membuat Nomor Urut Otomatis dengan Fungsi IF dan ROW
Dengan data yang sama seperti contoh gambar di atas, masukkan rumus berikut ini pada cell A2:
Maksud dari rumus terebut adalah jika Cell B2 ada isinya (tulisan),
maka cell A2 akan menampilkan nomornya dari nilai ROW()-1. Sebaliknya
jika cell B2 kosong maka cell A2 juga akan kosong dan tidak menampilkan
nomor urut.
Kegunaan cara yang kedua ini berbeda dengan yang pertama, cara yang
kedua ini berfungsi untuk menampilkan nomor urut berdasarkan baris yang
diisi, dan jika barisnya ada yang loncat maka nomor urutnya juga akan
loncat.
Itu tadi informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat nomor urut otomatif dalam excel dengan fungsi IF.
Penutup
Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia,
serta membaca artikel yang mengenai Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Dalam Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang
di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.
Daftar Pustaka
- http://amirakostader.blogspot.co.id/
- http://rumuslengkap.com/excel-logika/tips-membuat-nomor-urut-otomatis-dalam-excel/
- http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/