Cara setting game agar menyesuaikan layar monitor LED

Tags

Tentunya akan lebih menarik jika sebuah game dapat dimainkan dengan pixel atau resolusi maksimal, gambar visual yang dihasilkan tentu lebih memuaskan karena memiliki ketajaman detail yang lebih baik. Terlebih sekarang ini sudah hadir LED monitor dengan beberapa pilihan resolusi dari HD, full HD atau 2K hingga ultra HD atau 4k atau bahkan 8K juga sudah ada loh.

Monitor tidak hanya ditujukan bagi pengguna PC komputer, tetapi pengguna laptop atau notebook pun dapat menggunakan LED monitor dengan konfigurasi dual monitor atau multi monitor. Jadi jika kamu merasa tidak puas dengan resolusi game di laptop kamu yang mungkin hanya menampilkan gambar HD 1366 x 768, kamu dapat beralih ke monitor dengan resolusi lebih tinggi untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih memuaskan.

Cara setting game agar menyesuaikan resolusi layar monitor LED

Biasanya sih resolusi pada setting game akan menyesuaikan resolusi layar monitor yang digunakan, tapi bisa jadi berbeda ketika kamu menggunakan dual monitor atau satu komputer / laptop digunakan untuk dua layar. Salah satu game yang saya contohkan dan saya coba adalah game Pro Evolution Soccer dan kebetulan seri PES 2017.

Sedikit bingung karena opsi resolusi pada game PES tidak memunculkan opsi resolusi 2K sesuai dengan resolusi monitor yang saya gunakan. Alhasil grafis game menjadi terlihat pecah lantaran masih menggunakan resolusi 1366 x 768 di layar 15,6 inch namun dimainkan di LED monitor dengan ukuran 27 inch.

Ternyata penyebab dari masalah ini adalah karena LED monitor kedua tidak dijadikan main display atau layar utama, sehingga sistem game tidak mengenali resolusi pada LED monitor tersebut. Cara mengatasinya tentu dengan menjadikan layar LED monitor dengan resolusi yang lebih tinggi tersebut sebagai layar utama, dengan demikian game otomatis akan mendeteksinya.

Berikut ini tutorial cara menyesuaikan resolusi pixel game dengan monitor yang digunakan, saya contohkan menggunakan Windows 10, untuk Windows 7 dan Windows 8 secara garis besar caranya sama.

1. silahkan hubungkan monitor ke port HDMI, di halaman depan klik kanan dan pilih Display settings
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/cara-setting-game-agar-menyesuaikan.html

2. Pilih monitor yang ingin di setting, disini saya contohkan menggunakan Monitor 2 kemudian ceklist pada Make this my main display dan klik Apply untuk menyimpan perubahan
Cara setting game agar menyesuaikan resolusi layar monitor LED

3. Masih di jendela dan monitor yang sama, pilih Advance displays settings
Cara setting resolusi layar monitor PC komputer

4. Pilih resolusi maksimal atau resolusi yang di inginkan dan klik Apply

Cara setting resolusi layar monitor PC komputer
5. Ini adalah setting resolusi pixel game PES sebelum dan sesudah melakukan konfigurasi seperti diatas
Cara setting game agar menyesuaikan resolusi layar monitor LED


Cara setting game agar menyesuaikan resolusi layar monitor LED

Demikianlah tutorial cara menyesuaikan resolusi game PC dengan monitor yang kamu gunakan, saya mencontohkan untuk game PES 2017 dan bisa diterapkan di PES seri lainnya seperti 2013, 2014, 2015, 2016 atau mungkin seri 2018 nanti. Untuk jenis game PC lainnya mungkin caranya kurang lebih sama, kebetulan saya kurang referensi untuk game PC

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara setting game agar menyesuaikan layar monitor LED, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments