Persiapan Membuat Situs Nonton Film Online

Tags

Kali ini saya akan membahas mengenai Persiapan Membuat Situs Nonton Film Online, Beberapa hari ini saya sibuk memikirkan untuk membuat blog baru, namun sepertinya saya justru kepingin membuat situs web nonton movie online. Entah kenapa kok sepertinya saya tertarik sekali dengan situs streaming film online, padahal tantangannya cukup besar.

https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/persiapan-membuat-situs-nonton-film.html
Di artikel ini sebenarnya saya lebih ingin curhat kepada teman – tema siapa tahu bisa memberikan pencerahan (kalau ada yang mau komen, he). Saya ingin membuat situs tersebut namun masih banyak tapinya.

Persiapan Membuat Situs Nonton Film Online

1. Pemblokiran film online di Indonesia

Sempat menjadi viral beberapa waktu lalu ketika Ganool yang merupakan tempat download film yang cukup terkenal di blokir. Yah memang Ganool sebenarnya tidak di khususkan untuk streaming, tapi lebih ke mendapatkan file film. Nah penyebarluasan file film tanpa izin inilah yang dianggap melanggar hak cipta dan tidak sesuai dengan UU di Indonesia.

Ternyata hal ini juga terjadi pada beberapa situs nonton film online di Indonesia. Tapi tidak semua situs serupa di blokir, hingga saat ini saya belum paham betul kenapa ini bisa terjadi. Apakah mungkin situs yang di blokir tersebut menyimpan file film di database dan server mereka sendiri? sedangkan yang tidak di blokir hanya meng-embled saja?

2. Sulit menemukan hosting / server dengan bandwidth besar harga murah

Beberapa hari ini saya menghabiskan waktu mencari referensi hosting dengan bandwidth data besar tapi harga terjangkau, ya tidak lebih dari $8 perbulan lah. Beberapa referensi mungkin dari hosting di Eropa dan Amerika, tapi sampai saat ini belum ada yang bisa membuat saya mantap. Bandwidth yang besar menjadi hal yang wajib untuk situs nonton film online, karena pengguna akan menonton video hingga berjam – jam dengan kuota data mencapai 1 GB lebih perkunjungan. Untuk space hosting sepertinya tidak terlalu di permasalahkan, karena saya lebih memilih menggunakan cloud storage pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox, ada rekomendasi hosting dengan bandwidth besar?

3. Butuh dana tidak sedikit untuk membayar lisensi

Jika rencana pembangunan situs ini terealisasi rencananya ingin membangunnya dengan WordPress, alasannya karena sudah terbiasa dan banyak plugin pendukung yang bisa di manfaatkan.
Tapi sayangnya beberapa plugin pendukung seperti pemutar video web JWPlayer memiliki harga lisensi yang mahal yakni $299 pertahun. Ada sih versi gratis tetapi hanya di batasi 25 GB streaming data perbulannya, sedangkan Videojs saya sendiri belum mencobanya.

Belum lagi theme movie online di WordPress rata – rata berbayar, ada pun yang gratis menurut saya sangat kurang memuaskan. Harga theme movie online tersebut juga lumayan mahal, kisaran $80 untuk lisensi satu domain.

Jika teman – teman merasa kesulitan dalam membuat web movie ini, teman – teman bisa menggunakan jasa saya untuk membuat webnya sekaligus optimasi SEO web tersebut, plus suport konsultasi sampai bisa dengan saya karena saya yakin kedepannya bakal ada banyak hal yang akan kamu tanyakan. Untuk contoh web yang saya buat termasuk web klien diantaranya nontonmv.com, nontonstream.com, movieon21.com, nontonsub.com, hotmuv.com, i21.tv dan lain sebagainya.

Jika teman – teman menggunakan video dari Google Drive dan takut URL videonya di ambil dan di embed orang, saya bisa bantu settingkan dengan bantuan plugin premium agar sumber URL video di enskrip dan tidak bisa di ambil dan di embed oleh web lain. Jika tertarik menggunakan jasa saya bisa lihat detailnya disini.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Persiapan Membuat Situs Nonton Film Online, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments