Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online

Tags

Selamat berjumpa kembali di LingkaranDunia, kali ini kita akan membahas Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online sendiri. Artikel ini tidak menjelaskan bagaimana teknis detailnya, tapi memberikan step dan gambaran umum. Kalau soal teknis cara membuat nanti bisa coba kamu search sendiri setiap step – step berikut ini:
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-web-movie-streaming-nonton.html

1. Pilih hosting dan domain

Sebenarnya di awal pembuatan website, kamu bisa memilih paket hosting yang murah pun tidak jadi masalah. Karena nantinya kalau visitor web kamu sudah naik, kamu bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi atau pindah ke layanan hosting lain pun bisa.

Admin sebenarnya menyarankan teman – teman menggunakan hosting atau terlebih VPS dari luar negeri. Perlu teman – teman ketahui bahwa web movie ada sisi negatifnya, yakni pelanggaran hak cipta yang bisa saja web hosting dalam negeri Indonesia tercinta ini ada yang tidak memperbolehkannya.

Takutnya ketika web sudah berjalan malahan di suspend sama penyedia hosting, seperti pengalaman admin di D**a Web kemarin yang langsung di suspend begitu saja tanpa di berikan backup file webnya.

Rekomendasi hosting luar negeri yang bisa kamu coba seperti Hostgator, Hawkhost, iPage, BlueHost dan lain sebagainya. Tapi admin sangat menyarankan kamu menggunakan VPS untuk web nonton online, agar loading website lebih cepat dan responsif. Sementara untuk domain bisa kamu beli dimana saja, pastikan kamu memilih nama domain yang unik dan keren ya?

2. Install WordPress

WordPress merupakan solusi bagi kamu yang memang tak paham bagaimana membangun website dengan coding sendiri. WordPress disini bukan WordPress.com ya? WordPress disini adalah CMS kalau nama domain atau websitenya tetap menggunakan domain .com, .net, .org dan lain sebagainyaa. Nantinya kamu dapat install WordPress melalui kontrol panel hosting kamu, gampang kok tinggal klik saja. Untuk tutorial bagaimana menginstall WordPress di hosting bisa kamu simak disini.

3. Pilih dan install theme Movie atau buat sendiri

Setelah kamu berhasil install WordPres selanjutnya adalah dengan install theme movie. Untuk theme movie dapat kamu cari atau mungkin membuat sendiri, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk harga biasanya sedikit lebih mahal, karena memang fitur di dalam theme movie berbeda dengan theme WordPress biasa. Theme tersebut di desain untuk kamu agar lebih mudah dalam memposting movie.

4. Tempat penyimpanan / upload file movie

Memang tidak disarankan kamu untuk upload file movie di hosting sendiri, karena pasti butuh space yang sangat besar. Ini cukup menyulitkan ketika kamu hendak berpindah hosting atau ingin melakukan backup secara manual. Beberapa cloud storage tempat penyimpanan film yang cukup di rekomendasikan adalah Google Drive premium, kenapa harus premium? karena yang free kapasitasnya terbatas dan ada limit view videonya. Selain itu Google Drive juga bebas tanpa iklan, sehingga penonton lebih nyaman. Beberapa penyimpanan file movie lainnya seperti Openload dan Videomega, selain gratis dan ‘unlimited’ setiap movie yang di tonton ada di download kamu akan mendapatkan bayaran. Selain itu dengan menyimpan file movie di server lain maka kamu akan lebih hemat bandwidth hosting, karena setahu admin ketika memutar video dari sumber lain maka sumber dimana file video itu disimpan lah yang kena bandwidthnya.

5. Optimasi SEO Onpage dan Offpage

Pada point ini kamu harus benar – benar perhatikan, ini sangat penting kaitannya dengan optimasi di halaman mesin pencari terutama Google. Website – website movie yang sudah besar, rata – rata memiliki optimasi Onpage dan Offpage yang cukup baik. Itulah kenapa website mereka sangat mudah di temukan di Google bahkan masuk di halaman paling depan.

Untuk bisa bersaing dan mendapatkan banyak penonton film dari Google dan search engine lainnya kamu harus menerapkan teknik SEO yang tepat. Untuk apa saja teknik SEO Offpafe dan Onpage admin rasa membahas kesemuanya di artikel ini belumlah cukup. Tetapi tenang saja, jika kamu menggunakan jasa admin untuk membuat web movie, maka admin akan settingkan kesemuanya semaksimal mungkin atau jika kamu sudah punya web movie maka bisa gunakan jasa SEOnya saja.

6. Lalu bagaimana cara memutar file movie di web kamu?

Caranya cukup dengan menggunakan iframe, nanti kamu bisa memasukkan video dari sumber lain seperti Google Drive, YouTube, Openload dan lain sebagainya untuk bisa di putar di web kamu.
kode:
<iframe src=”link-file-movie″ width=”710″ height=”400″ frameborder=”0″ marginwidth=”0″ marginheight=”0″ scrolling=”NO” allowfullscreen=”allowfullscreen”></iframe>

Kamu bisa menyesuaikan ukuran panjang dan lebar iframe sendiri. 

7. Lalu bagaimana dengan player videonya?

Mungkin bagi kamu yang memperhatikan detail, sempat bertanya bagaimana cara membuat player movie seperti JWPlayer? Perlu diketahui bahwa player dapat dibeli di layanan-layanan yang memang menjual player video film atau di layanan yang memberikan jasa pemrograman atau coding. Kelebihan menggunakan player adalah tampilan lebih keren dan juga URL asli video bisa di sembunyikan atau di enskripsi (encrypt) sehingga tidak diambil oleh orang atau pihak lain. Namun kekurangannya adalah seringkali beberapa player mengalami error saat di play dan tidak semua player suport di website dengan trafik visitor tinggi. Biasanya player di jual dengan harga sekali beli atau perbulan, umumnya harga perbulan kisaran puluhan dolar. Bagi kamu yang mempunyai budget cukup, bisa menggunakan player premium tapi bagi kamu yang masih minim dana sementara bisa menggunakan player dan penyimpanan movie gratisan.

8. Kelebihan dan kekurangan web movie

Kelebihan: website nonton film online cukup banyak peminatnya, selain itu sangat mudah sekali mendapatkan pengiklan, kalau soal penghasilan web movie ini sangat menggiurkan. Kekurangan: rawan di blokir oleh operator Indonesia jika memposting konten dewasa dan film – film Indonesia (tidak pasti juga), tapi kamu bisa mengakalinya dengan redirect ke domain baru. Tenang saja, redirect ke domain baru tidak akan mengurangi popularitas maupun visitor website kamu asal di lakukan dengan benar.

Nah itulah secara garis besar cara membuat web movie online, mohon maaf admin belum bisa membahasnya dengan detail. Jika teman – teman merasa kesulitan dalam membuat web movie ini, teman – teman bisa menggunakan bantuan admin untuk membuat webnya sekaligus optimasi SEO web tersebut, plus suport konsultasi sampai bisa dengan admin karena admin yakin kedepannya bakal ada banyak hal yang akan kamu tanyakan. Untuk contoh web yang admin buat termasuk web klien diantaranya nontonmv.com, nontonstream.com, movieon21.com, nontonsub.com, hotmuv.com, i21.tv dan lain sebagainya. Jika tertarik menggunakan jasa admin bisa lihat detailnya disini.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments