Cara Menambahkan Tombol Pada Macro VBA Excel

Menambahkan Tombol Pada Macro VBA di Microsoft Excel

Macro VBA Excel menyimpan banyak kemudahan. Setelah Anda mengetahui bagaimana membuat Sub dengan sederhana, pada tutorial kali ini Anda akan mengaktifkan sebuah tombol pada spreasheet excel. Caranya pun tergolong mudah.

Di bagian atas VBA Editor, cari ikon Excel, tepat di bawah menu File.
Macro VBA Excel

Klik ikon ini untuk kembali ke spreadsheet Anda. Kita sekarang akan menempatkan tombol kontrol pada spreadsheet. Cari Controls panel pada toolbar Developer, dan kemudian klik item Insert. Dari menu Insert, klik item pertama, yang merupakan tombol:
Macro VBA Excel

Sekarang pindahkan mouse Anda ke spreadsheet Anda. Tahan tombol kiri mouse Anda di suatu tempat pada kolom F (biasanya akan jatuh pada F3). Tetap tahan dan tarik maka akan tercipta sebuah tombol persegi panjang. Lepaskan tombol kiri mouse saat kursor Anda di H4
Segera setelah Anda melepaskan tombol kiri mouse Anda akan melihat kotak dialog Assign Macro muncul pada Macro VBA Excel;
Macro VBA Excel

Pilih Macro Anda dari daftar dan klik OK. Tombol pada spreadsheet Anda akan terlihat seperti ini:
Macro VBA Excel

Anda dapat mengedit teks pada tombol dengan cukup mudah. Klik tombol kanan untuk memunculkan sebuah menu. Dari menu, pilih Edit Text:
Macro VBA Excel

Bila Anda pilih Edit Text, kursor akan muncul pada awal teks. Gunakan tombol panah pada keyboard untuk memindahkan kursor ke akhir baris. Hapus Button 1 dan ketik Range(“A1:D6”).
Macro VBA Excel

Pindahkan kursor keluar dari tombol tersebut, Anda akan melihat garis pengaturan ukuran tombol akan menghilang. Sekarang Anda dapat menguji tombol. Klik tombol tersebut, lalu Anda akan melihat cell A1 ke D6 disorot:
Macro VBA Excel

Selamat! Sekarang Anda telah menulis sebuah kode VBA Excel untuk memilih kisaran cell pada spreadsheet. Dan semua hanya dengan sebuah klik tombol. Sekarang kembali ke Visual Basic Editor (Dari toolbar Developer, klik Visual Basic pada panel Code.) Beri tanda kutip pada awal kode Range Anda, dan ini akan berubah menjadi hijau.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-menambahkan-tombol-pada-macro-vba.html

Mudah bukan membuat tombol pada Macro VBA Excel.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Menambahkan Tombol Pada Macro VBA Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/menambahkan-tombol-pada-macro-vba-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments