Cara Mengoperasikan VBA Macro Excel dengan Angka Variabel

Mengoperasikan VBA dengan Angka Variabel

Kali ini di dalam tutorial ini Anda akan diajak untuk memahami variabel, dengan membuat spreadsheet kosong yang baru. Untuk memulainya klik pada pita Developer pada bagian atas Microsoft Excel. Pada panel Control klik View Code. Ini akan membuka Visual Basic Editor dengan jendela Sheet1 coding yang sudah siap Anda gunakan. Siapkan Sub baru dan beri nama Variable_Practice. Tambahkan dua baris berikut ini ke dalam Sub.


Jendela coding Anda akan terlihat seperti ini:
VBA Macro Excel

Jadi kode di atas hanya akan membuat sebuah variabel yang disebut MyNumber. Lalu kemudian kita menambahkan nilai 10 ke variabel ini. Hal penting dalam pemrograman adalah apapun yang Anda tulis di sisi kanan tanda adalah menggambarkan apa yang akan Anda simpan. Sedangkan apa yang Anda simpan di sisi kiri sebuah tanda merupakan tempat di mana Anda akan menampilkannya.

Anda telah mengerti tentang Range pada ulasan lalu. Salah satu properti dari Range adalah Value. Nilai atau value dari properti bisa mengatur sebuah cell atau kelompok dari cell. Untuk mengatur sebuah Value, Range harus ditempatkan sebelum sama dengan, seperti contoh berikut:


Di sini, kita mengakses terlebih dahulu objek dari Worksheet1 di VBA macro excel. Pada baris kode tersebut kita menekankan pada Range A1. Setelah titik, kita kemudian ketik properti Value. Hal ini diikuti oleh sama dengan. Setelah sama dengan, Anda dapat mengisikan angka yang Anda inginkan.


Sekarang, nilai atau Value untuk Range A1 di dalam Worksheet 1 diatur dari angka 1 ke 10. Daripada harus mengetik nomor, Anda dapat mengetik nama variabel. Karena kita telah menyimpan angka 10 dalam variabel, jadi kita hanya perlu menggunakan ini:


VBA akan melihat variabel yang disebut MyNumber dan kemudian akan menjemput nilai apa pun yang di simpan di dalamnya. Nilai yang dimaksud adalah nilai yang Anda simpan di baris sebelah kiri. Tambahkan baris tersebut ke kode Anda, persis di bawah dua yang lainnya. Maka jendela coding Anda akan tampil seperti berikut:
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-mengoperasikan-vba-macro-excel.html

Sekarang saatnya mencoba. Kembali ke Spreedsheet dan tambahkan sebuah tombol. Ketika dialog Assign Macro muncul, pilih Variable Practice Sub dari daftar. Ubah teks pada tombol menjadi  Variable Practice. Hapus centang tombol Anda. Sekarang klik lagi untuk mencobanya. Anda akan menemukan bahwa nomor 10 muncul dalam sel A1 pada spreadsheet VBA macro excel Anda:
VBA Macro Excel 

Sekian tutorial rumus excel tentang penggunaan macro kita kali ini.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Mengoperasikan VBA Macro Excel dengan Angka Variabel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/mengoperasikan-vba-macro-excel-dengan-angka-variabel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments