Belajar Menggunakan If Statements VBA Excel

Belajar Menggunakan If Statements di Microsoft Excel

Belajar VBA Excel kali ini akan membahas Conditional Logic. Conditional Logic sendiri adalah semua tentang kata IF. Ini tentang mengatakan apa yang harus terjadi jika kondisi tertentu terpenuhi, atau apa yang harus terjadi jika tidak terpenuhi.

IF Statements
Anda terkadang menggunakan kondisi IF ini di kehidupan Anda sehari-hari. Seperti Anda akan mengatakan hal-hal seperti berikut: Jika saya membeli barang ini, saya akan bahagia, jika saya belajar menggunakan Macrosoft Excel, saya mungkin akan makin mudah mengerjakan semua tugas saya. Pemrograman dalam bahasa apapun sangat bergantung pada Conditional Logic seperti seperti Pernyataan IF. Hal ini memungkinkan Anda untuk turun ke jalan yang berbeda, tergantung pada kondisi awal.

Struktur Pernyataan IF pada VBA akan terlihat seperti ini:
If Condition_To_Test Then
‘CODE HERE
End If

Anda mulai dengan kata If dengan huruf I besar dan f kecil. Setelah spasi, Anda memiliki kondisi yang ingin Anda uji. Kondisi ini  adalah sesuatu yang dapat menjadi TRUE atau FALSE. Setelah Anda memasukkan kondisi Anda, Anda harus memberikan spasi diikuti oleh kata Then dengan huruf T besar. Dan sebuah pernyataan If akan diakhiri dengan kata-kata End If.

Di antara If dan End If, adalah di mana Anda mengetik kode Anda. Tapi kode ini hanya akan dieksekusi jika kondisi If Anda TRUE. Jika itu FALSE maka VBA akan melompat melewati End If dan meneruskan eksekusi kodenya. Mari kita Belajar VBA Excel dengan mengetikkan beberapa contoh coding sederhana. Anda dapat memulai spreadsheet baru untuk ini. Ketika Anda menyimpan file baru, jangan lupa untuk menyimpannya sebagai Excel Macro- Enable Workbook. File akan tersimpan dengan format XLSM.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/belajar-menggunakan-if-statements-vba.html

Klik View Code akan membuka VBA Editor. Jika coding jendela untuk Sheet1 belum terbuka, klik dua kali Sheet1 pada Project Explorer di sebelah kiri. Buat Sub baru di jendela coding Anda, dan beri nama If_Test_1. Tambahkan kode berikut untuk Sub Anda:
Dim MyNummber As Integer
MyNumber = 10
If MyNumber = 10 Then
MsgBox “Number = 10”
End If

Maka akan terlihat seperti ini:
Belajar VBA Excel

Tekan tombol F5 pada keyboard Anda Anda untuk menjalankannya. Anda akan melihat tampilan pesan Box seperti ini:
Belajar VBA Excel

Mudah bukan Belajar VBA Excel? Begitula cara belajar rumus excel kita kali ini.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Belajar Menggunakan If Statements VBA Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/belajar-vba-excel-menggunakan-statements/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments