Spek laptop tinggi, masih lag saat bermain PES? ini cara mengatasinya

Tags

Definisi masing-masing orang untuk mengatakan sebuah laptop atau PC komputer memiliki spesifikasi yang tinggi mungkin bisa jadi berbeda ya? namun karena disini kita membahas tentang game PES maka sebuah laptop dikatakan memiliki spek yang tinggi ketika spesifikasi hardwarenya berada diatas dari spesifikasi rekomendasi game Pro Evolution Soccer tersebut, baik PES 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 atau bahkan mungkin seri 2018 mendatang.

Diartikel ini ditujukan bagi pengguna laptop atau komputer yang menggunakan kartu grafis atau VGA khususnya NVIDIA seperti yang saya gunakan. Meskipun Intel HD bisa untuk bermain PES tapi karena sejatinya Intel HD Graphics tidak ditujukan khusus untuk game maka jika terjadi lag itu cukup diwajarkan, tapi kalau punya VGA bagus kok masih lag main game PES ini bisa saya katakan tidak wajar karena game PES sebenarnya bukanlah game berat.

Kronologinya saya menggunakan laptop dengan spesifikasi Core i5, 4GB RAM dan NVIDIA 2 GB dan cukup enteng main game PES 2017 dengan grafis high pada resolusi 1366 x 768. Kemudian saya coba menggunakan dual monitor dan saya mainkan game PES 2017 tersebut di monitor satunya dan saya setting resolusi game menjadi 1980 x 1080 atau resolusi 2K dan hasilnya ada sedikit lag dan game terlihat lemot serta berat.

Padahal ketika saya coba cek status penggunaan RAM dan CPU ketika game di jalankan hanya terpakai sekian persen saja, mungkin rata-rata hanya 30% saja.
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/spek-laptop-tinggi-masih-lag-saat.html

Spek laptop tinggi, masih lag saat bermain PES? mungkin ini cara mengatasinya (NVIDIA)

Ternyata permasalahannya hanya pada konfigurasi game itu sendiri dan VGA-nya, kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan membuat game PES secara default dimainkan oleh NVIDIA. Sebelumnya, mungkin karena saya beralih ke dual monitor kinerja grafis menjadi sedikit lebih berat. Terlebih game yang biasanya saya mainkan di resolusi HD kini saya setting ke resolusi Full HD atau 2K, mungkin ada sedikit tambahan energi bagi laptop untuk memainkan game ke resolusi lebih tinggi, tapi tentu saja kalau untuk sekedar game PES itu masih ringan.

Jika kamu mengalami masalah yang sama, sebelumnya pastikan kamu menggunakan mode power High Performance atau Gaming Mode atau sejenisnya agar semua komponen laptop bisa bekerja dengan maksimal. Jika game menggunakan crack atau patch maka sebaiknya nonaktifkan antivirus dan koneksi internet jika game tidak mengharuskan terkoneksi ke internet. Untuk settingan grafis game PES, karena asumsi kita pakai laptop dengan spek diatas spesifikasi rekomendasi PES itu sendiri maka saya asumsikan di setting high.

1. Jika sudah silahkan masuk ke NVIDIA Control Panel, caranya dilayar depan klik kanan kemudian pilih NVIDIA Control Panel.
Spek laptop tinggi, masih lag saat bermain PES? mungkin ini cara mengatasinya

2. Pada menu Manage 3D settings pastikan game PES sudah masuk di dalam daftar yang dicover oleh NVIDIA, jika belum silahkan klik Add dan pilih game PES-nya.
https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/spek-laptop-tinggi-masih-lag-saat.html

3. Sekarang atur game PES agar secara dafault dimainkan oleh NVIDIA, masih di NVIDIA panel caranya pada opsi Select the preferred graphics processor for this program: pilih High-performance NVIDIA processor kemudian klik Apply untuk menyimpan perubahan.
Spek laptop tinggi, masih lag saat bermain PES? mungkin ini cara mengatasinya

Seharusnya dengan cara diatas maka lag di game PES dapat teratasi, jika tidak mungkin ada penyebab lain yang saya dan kamu belum ketahui. Mungkin dari teman-teman ada yang bertanya bukankah game PES secara otomatis akan di ambil alih oleh NVIDIA? saya pun juga beranggapan demikian, namun pada prakteknya lag di game PES saya ketika di mainkan di resolusi tinggi dapat diatasi dengan cara diatas.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Spek laptop tinggi, masih lag saat bermain PES? ini cara mengatasinya, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments