Mengenal Visual Basic for Application (VBA) Pada Microsoft Excel

Excel macro Apa yang kita pelajari dalam kursus online excel kali ini? Ya kita akan membahas pengenalan VBA. Secara umum Visual Basic for Application (VBA) Microsoft Excel dapat diartikan sebagai program yang berisi rangkaian perintah untuk mengatur beberapa aspek pada Excel sehingga pekerjaan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Sesungguhnya VBA tidak hanya digunakan untuk Microsoft Excel, tetapi juga digunakan oleh beberapa produk Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, Microsoft Acces, dan Microsoft PowerPoint. Disini RumusLengkap.com akan mencoba membahas komponen-komponen apa saja untuk membangun VBA pada Excel. Adapun komponen-komponen tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Visual Basic Editor, Yang dimaksud dengan Visual Basic Editor atau Excel VBA Integrated Development Environment (IDE) adalah lingkungan tempat program VBA Excel dibuat Lingkungan kerja Visual Basic Editor.
2. ToolBox Control, merupakan Objek dalam Userform atau worksheet yang dapat dimanipulasi, seperti command button, text box, check box, combo box, list box, label, dan option button
Toolbox untuk visual basic application pada excel 

3. Property, merupakan Karakteristik suatu objek seperti ScrollArea, Font, dan Name.
Pengenalan visual basic application pada excel 

4. UserForm, merupakan Lembar kerja yang berisi kontrol dan instruksi VBA untuk memanipulasi antarmuka pengguna (user interface).
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/mengenal-visual-basic-for-application.html

5. Function dan Macro, Untuk Function adalah salah satu tipe VBA macro yang memiliki return value. Sedangkan Macro seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, macro adalah sekumpulan instruksi dalam VBA yang dijalankan secara otomatis. Untuk mempelajari tentang VBA pada Excel, tentunya harus mempunyai pengetahuan yang mendasar. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dibahas tentang komponen-komponen VBA tersebut. Dan tentunya hari ini bisa bertambah satu pengetahuan lagi tentang kesaktian Excel.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Mengenal Visual Basic for Application (VBA) Pada Microsoft Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/mengenal-visual-basic-application-vba-pada-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments