Cara Menggunakan Fungsi Record Macro Pada Microsoft Excel

Sekarang kita akan menggunakan fungsi Macro tersebut, awal penggunaannya kita akan mencoba merekam suatu data sesuai perintah yang diinginkan dengan bantuan fungsi Record Macro. Sambil menemani aktivitas Anda, mari kita mencoba bersama-sama membuat fungsi Record Macro secara sederhana dan tentunya mudah untuk dipahami. Terlebih dahulu siapkan data yang akan di Record (direkam) pada Microsoft Excel, contohnya data pembelian barang seperti pada tampilan berikut.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-menggunakan-fungsi-record-macro.html

Setelah data dibuat, kemudian arahkan dan klik kursor pada tab developer, lalu pilih bagian Record Macro (Pada gambar dibawah ini, Record Macro di tandai lingkaran kuning).
cara memunculkan tab developer untuk macro excel

Setelah Record Macro dipilih, maka akan tampil kotak isian Record Macro. Pada bagian Macro name isi dengan Pembelian_Barang, klik OK.
kotak isian record macro 

Kemudian perhatikan pada bagian Tab developer, yang sebelumnya terdapat tulisan Record Macro, maka sekarang menjadi Stop Recording (Pada gambar dibawah ini, Stop Recording di tandai lingkaran kuning). Nahhh.. ini merupakan situasi dimana data Pembelian Barang sedang di Record.
proses recording pada macro excel 

Pada saat sedang melakukan Record, ini saatnya kita memodifikasi data Pembelian Barang, seperti merubah format data tanggal dan harga, serta memberi garis tabel. Bisa dilihat pada tampilan berikut.
hasil mentah record pada macro excel 

Kemudian pada tab developer, klik Stop Recording. Menandakan bahwa proses merekam data sudah selesai dilakukan. Sebelum kita mengetahui hasilnya, kita terlebih dahulu kembalikan format data Pembelian Barang seperti semula (seperti pada tampilan awal). Tujuannya agar kita bisa membuktikan bahwa data yang telah kita buat telah direkam dengan format yang kita inginkan.
cek hasil record macro 

Mari kita buktikan, pada tab developer pilih bagian Macros. Kemudian akan keluar tampilan berikut.
hasil record macro 

Pada tampilan diatas, pilih Pembelian_Barang, kemudian lakukan Run, Apa yang akan terjadi?
contoh hasil macro mada microsoft office excel 
Iya betul, data Pembelian barang akan menampilkan data seperti pada saat proses Record (merekam). Data tersebut secara otomatis sudah tersimpan, jika kita akan memanggil kembali data tersebut, kita pilih tab developer >> Macros, kemudian pilih nama data yang akan dipanggil kembali. Tentunya sangat mudah bukan, hanya dengan beberapa klik saja kita sudah bisa melakukan perekaman data yang kita inginkan. Itulah salah satu kehebatan excel macro dalam membantu pekerjan kantoran kita.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Menggunakan Fungsi Record Macro Pada Microsoft Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/cara-menggunakan-fungsi-record-macro-pada-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments