Membuat Chart Diagram Dinamis Pada Excel

Panduan Membuat Chart Diagram Dinamis

Pada kesempatan ini, Microsoft Excel akan menghadirkan sebuah fungsi untuk membuat Chart Diagram secara Dinamis, kita akan menerapkan fungsi Chart dinamis ini pada contoh penilaian siswa berdasarkan kriteria nilai seperti berhitung, membaca, menulis,, bercerita, dan menggambar. Tentu saja kriteria ini bisa dirubah sesuka hati atau sesuai kebutuhan contohnya kognitif, praktik, dan afektif. Mari kita langsung saja praktekan fungsi ini yaitu membuat chat atau diagram dinamis sehingga bisa dipahami dengan mudah pada Microsoft Excel.

Langkah pertama, siapkan data tabel seperti pada tampilan berikut.
lankah membuat diagram dinamais dgn excel


Kemudian untuk mengisi nilai rata-rata pada sel C14 masukan rumus=AVERAGE(C6:C13), maka hasilnya seperti pada tampilan diatas.

Selanjutnya gunakan fungsi combo box untuk memilih data nama siswa yang nantinya akan dibuat chart diagram.Caranya, pilih tab developer >> insert >> Combo Box, lalu posisikan combo box sesuai keinginan. Untuk mengisi combo box kita klik kanan, pilih format control, lalu isikan data seperti pada tampilan berikut.
langkah 2 cara membuat diagram dinamis dng excel

Pada tampilan diatas Input range berisikan B6:B13 merupkan data nama siswa, dan Cell link berisi L3 yang merupakan data referensi untuk pilihan combo box. Kita bisa lihat hasilnya sebagai berikut.langkah ke 3 cara membuat diagram dinamis dng excel 

Selenjutnya untuk menampilkan Chat diagram, caranya adalah pilih tab insert >> pada bagian Chart pilih Column, lalu pilih chart yang diinginkan, kemudian posisikan chart diagram sesuai keinginan. Untuk membuat fungsi Chart dinamis pada saat memilih data siswa pada combo box, klik pada chart rata-rata masukan rumus =SERIES(Sheet1!B14,Sheet1!C5:G5,Sheet1!C14:G14,2). Kemudian klik pada chart nama (warna biru) masukan rumus =SERIES(‘Chart DInamis.xlsx’!NamaSiswa,Sheet1!C5:G5,’Chart DInamis.xlsx’!Tabel,1). Maka hasilnya seperti berikut.
langkah ke 4 cara membuat diagram dinamis dengan excel 

Pada saat pilihan combo box kita pilih dengan nama Guruh, maka pada Chart diagram akan berubah sesuai dengan data pada tabel nilai. Sperti hasil berikut.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/membuat-chart-diagram-dinamis-pada-excel.html

Kesimpulan, dengan menggunakan fungsi Chart Diagram secara dinamis ini, kita dapat mengetahui grafik nilai siswa berdasarkan kegiatan belajar yang sudah ditentukan. Tujuannya agar kita dapat menghasilkan nilai rata-rata sesuai nama siswa.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Membuat Chart Diagram Dinamis Pada Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-matematika/membuat-chart-diagram-dinamis-pada-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments