Cara Menggunakan Matriks pada Excel

Panduan Menggunakan Matriks di Excel

Pada bagian ini kita akan mencoba menggunakan rumus sederhana pada matriks dan akan kita implementasikan pada excel. Adapun rumus sederhana yang akan kita gunakan yaitu rumus penjumlahan dan perkalian matriks sebagai salah satu fungsi matematika dan trigonomotri dalam excel.

Sebagaimana diketahui program microsoft spreadsheet ini adalah satu program yang sangat multiguna. Karena hampir semua bidang kegitan dalam sehari hari itu melibatkan perhitungan maka secara praktis bisa diaplikasikan dengan Microsoft Excel ini.

1. Penjumlahan Matriks
Penjumlahan matriks sama halnya dengan menjumlahkan bilangan biasa. Jika pada Matriks A yang akan dijumlahkan dengan matriks B, hasil penjumlahannya menjadi  matriks C. Sekarang kita akan implementasikan ke Microsoft excel. Buat matriks 3×3 seperti berikut :
penjumlahan matriks dalam excel 
Dalam hal ini kita akan menambahkan matriks A dengan matriks B dan hasil penjumlahannya yaitu matriks C pada sel MNO.  Untuk mendapatkan hasil matriks C, blok sel untuk ukuran 3×3 pada Matriks C. Kemudian ketikkan rumus =(C6:E8+H6:J8) dan tekan CTRL + SHIFT + ENTER.
hasil penjumlahan matriks dalam excel 

Maka hasinya seperti diatas, kita dapat membandingkan hasil tersebut yang dihitung secra manual.

2. Perkalian Matriks
Microsoft excel  menyediakan fungsi untuk perkalian matriks. Proses perkaliannya sesuai dengan aturan matriks. Seperti dengan penjumlahan dan pegurangan matriks. Pada perkalian matriks kita juga melakukan array  (CTRl + SHIFT + ENTER)  terhadap perkalian dari range data-nya. Berikut ini kita akan mencoba mengalikan dua buah matriks orde 3×3.  Buat matriks seperti  di bawah ini (untuk tanda matriks dapat menggunakan shape).
perkalian matriks dalam microsoft excel 

Untuk mendapatkan hasil matriks C, blok cell untuk ukuran 3×3 cell.  Kemudian ketikkan formula =MMULT(C6:E8,H6:J8) dan tekan CTRL + SHIFT + ENTER.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-menggunakan-matriks-pada-excel.html

Penggunaan fungsi Matriks ini sangat mudah di implementasikan pada excel, dan hasilnya pun sama dengan penghitungan secara manual. Mudah-mudahan penggunaan formula matriks ini dapat membantu tugas sekolah Anda.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Menggunakan Matriks pada Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-matematika/belajar-membuat-perkalian-1-sampai-100-di-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments