Biologi lingkungan Mempelajari Tentang Kelangsungan Hidup Baik Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Tags

Selamat datang kembali teman akostader kali ini saya membagikan sebuah artikel yang mungkin bermanfaat buat anda, dan mungkin artikel ini bisa memberikan pemahan buat kita agar menjaga kelangsungan hidup bersama. Tampa panjang lebar kita lansung saja masuk di pokok pembahasan yaitu Biologi lingkungan.

http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/01/biologi-lingkungan-mempelajari-tentang.html

A. Biologi lingkungan – mempelajari dunia alam secara keseluruhan atau dalam wilayah tertentu, terutama dampak manusia terhadapnya.


Lingkungan hidup baik faktor biotik maupun abiotik berpengaruh dan dipengaruhi manusia. Segala yang ada pada lingkungan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia, karena lingkungan memiliki daya dukung. Daya dukung lingkungannya adalah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
 
Dalam kondisi alami, lingkungan dengan segala keragaman interaksi yang ada mampu untuk menyeimbangkan keadaannya. Namun tidak tertutup kemungkinan, kondisi demikian dapat berubah oleh campur tangan manusia dengan segala aktivitas pemenuhan kebutuhan yang terkadang melampaui Batas.


Ilmu biologi adalah Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal, yaitu komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi-reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan, pemindahan energi (arus energi), dan siklus biogeokimia dapat berlangsung. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu bila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.

B. Polusi Udara, Air, dan Tanah :


1. Polusi Asap

Asap Kendaraan

Asap kendaraan merupakan penyebab dari polusi yang paling mudah untuk kita temui. Hal ini karena kendaraan merupakan alat transportasi yang siapa saja mempunyainya, baik kendaraan roda empat ayau mobil aupun kendaraan bermotor. Asap kendaraan merupakan salah satu faktor penyumbang polusi udara yang sangat besar. Asap kendaraan yang setap hari di produksi oleh milyaran kendaraan setiap detiknya akan sangat menyebabkan polusi udara.

Asap Pabrik

Selain asap kendaraan bermotor atau mobil. Asap pabrik juga termasuk ke dalam pemicu dari adanya polusi udara. Asap pabrik ini bahkan menyumbang besar sekali gas karbon di udara. Asap pabrik juga bisa menimbulkan atau menjadi pemicu dari terjadinya hujan asam.

Kebakaran Hutan

Bencana alam senajutnya yang menyebabkan terjadinya polusi udara adalah kebakaran hutan. Hutan yang terbakar akan mengasilkan asap yang bertebaran kemana-kama. Asap- asap inilah yang menjadi sumber polusi udara. Oleh karena itulah banyak masalah timbul, terutama penyakit paru- paru apabila terjadi kebakaran hutan. beberapa masalah yang timbul ketika terjadi kebakaran hutan adalah munculnya penyakit paru- paru dan juga penyakit kulit dan lain-lain sebagainya.

2. Polusi Air

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi.

3. Polusi Tanah 

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya polusi tanah ini antara lain sebagai berikut: Kebocoran limbah cair. Kebocoran bahan kimia indistri atau fasilitas komersial. ... Masuknya air permukaan dari tanah yang tercemar ke dalam lapisan- lapisan sub permukaan.
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).

Kerusakan lingkungan hidup banyak diakibatkan oleh manusia. Diantaranya kebakaran hutan, penebangan liar yang mengakibatkan hutan gundul. Majunya teknologi seperti mobil, pabrik, dan sepeda motor membuat udara tercemar dan lapisan ozon berlubang karena asap kendaraan. Lapisan ozon yang berlubang membuat sinar matahari langsung ke bumi yang menyebabkan suhu di bumi naik. Karena suhu di bumi naik es di kutub utara mulai mencair. Hal tersebut membuat permukaan air laut meningkat. Oleh karena itu, manusia harus segera menanggulangi kerusakan ini sebelum kerusakan semakin meluas. Selain menanggulangi manusia harus sadar dan mengintrospeksi diri mereka agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti merusak lingkungan.

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel saya yang berjudul Biologi lingkungan Mempelajari Tentang Kelansungan Hidup Baik Tumbuhan, Hewan dan Manusia, Semoga saja artikel ini bermanfaat buat anda, dan salam Akostader.

Daftar Bacaan Biologi

Comments
0 Comments