Biologi kelautan atau oseanografi biologis adalah mempelajari Ekosistem, Tumbuhan, dan Hewan yang Ada di Laut

Tags

http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/01/biologi-kelautan-atau-oseanografi.html





Biologi kelautan (atau oseanografi biologis) – mempelajari ekosistem , tumbuhan, hewan, dan kehidupan samudra lainnya.


Biologi kelautan adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di laut (makhluk hidup beserta interaksinya dengan lingkungan). Ada banyak alasan untuk mempelajari biologi kelautan. Laut menyediakan sumber makanan, obat, bahan dasar, rekreasi dan pariwisata.

Salah satu tugas penting dari ahli biologi kelautan adalah mempelajari organisme yang berbeda yang tinggal di lautan, air payau, dan muara. Bidang biologi kelautan sangat luas, seperti mengumpulkan sampel tumbuhan dan hewan dari lautan.

  1. Ahli biologi kelautan mempelajari hal-hal yang hidup di laut.
  2. Biologi kelautan meliputi segala sesuatu dari organisme kecil, seperti plankton dan ikan paus yang sangat besar.
  3. Subjek penting untuk biologi kelautan meliputi biologi, fisika, kimia, dan matematika.
  4. Ahli biologi kelautan biasanya penasaran dan memiliki cinta dari luar, terutama laut.
  5. Biologi kelautan mencakup sejumlah disiplin ilmu spesialis dan ahli biologi kelautan dapat memilih untuk fokus studi mereka pada kelompok tertentu dari hewan.
  6. Sebuah gelar sarjana dalam biologi kelautan cukup untuk sejumlah pekerjaan terkait, tetapi Ph.D (doktor) biasanya diperlukan untuk penelitian independen dan mengajar di universitas.
  7. Sebagai bagian dari pekerjaan mereka, seorang ahli biologi kelautan dapat mengumpulkan dan menganalisis data biologis, tanaman hidup studi, mengidentifikasi spesies hewan, penelitian dampak lingkungan, mengomunikasikan temuan ke publik, dan banyak lagi.
  8. Lautan menutupi sekira 71 persen dari permukaan bumi.
  9. Palung laut bisa mencapai sedalam 10.911 meter atau 35.797 langkah kaki kedalaman.

Apa saja yang dilakukan oleh seorang ahli biologi kelautan?

Seorang marine biologi baik yang masih belajar maupun yang sudah menjadi ahli tidak akan jauh-jauh dari perairan. Mereka akan banyak terlibat dalam investigasi penghuni laut. Meneliti kebiasaan, populasi dan habitat. Dan tentu saja berharap menemukan spesies baru.

Mereka juga akan sering travel, dari sebuah perairan ke perairan lain. Biasanya mereka bertugas untuk mengumpulkan sempel air. Mengecek apakahair-air tersebut mengandung polutan atau tidak. Pada beberapa kasus, mereka berhak untuk menulis laporan dan melaporkanya pada pihak-pihak terkait.

Dimanakah para ahli biologi kelautan bertugas?

Pada umumnya, lulusan biologi kelautan bekerja  di lembaga pemerintahan. Namun, banyak juga dari mereka yang bekerja di akuarium, kebun binatang, museum dan sebuah fakultas. Ya, mungkin menjadi seorang guru atau dosen. Yang jelas, mereka akan menghabiskan banyak waktu di luar untuk sebuah penelitian di bandingkan kegiatan di dalam ruangan.

Berapa gaji rata-rata seorang ahli biologi kelautan?


Menurut U.S. Bereau of Labor Statistic (BLS), per tahun 2013 yang lalu, seorang ahli biologi kelautan dapat menghasilkan $30.10 per jamnya.

Bagaimanakah prospek lapangan pekerjaan untuk seorang ahli biologi kelautan?

Tentu saja seiring dengan pesatnya pertumbuhan industry. Otomatis, kita juga membutuhkan orang-orang yang mampu menjaga lingkungan. BLS memprediksi kebutuhan akan seorang ahli biologi akan naik 3-7% sampai tahun 2022.

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang berjudul  Biologi kelautan atau oseanografi biologis adalah mempelajari Ekosistem, Tumbuhan, dan Hewan yang Ada di Laut, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Comments
0 Comments