Biologi integratif adalam Ilmu yang Mempelajari Semua Organisme Mahluk Hidup yang ada diBumi

Tags

Biologi integratif mempelajari semua organisme

http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/01/biologi-integratif-adalam-ilmu-yang.html

Biologi integratif adalah cabang ilmu biologi yang masi sementara berkembang, ilmu integratif atau biologi integratif ini suda ada beberapa puluhan tahun yang lalu.

Pengertian Biologi integratif adalah ilmu yang mempelajari organisme secara keseluruhan melalui fokus antarmuka antara biologi dan fisika, kimia, teknik, pencitraan, dan informatika.

1. Pengertian Biologi

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang. Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi, dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil, dan vital.

2. Pengertian Fisika Secara Umum

Fisika ialah salah satu ilmu pengetahuan alam dasar yang banyak digunakan sebagai dasar bagi ilmu-ilmu yang lain. Fisika Merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan. Fisika mempelajari materi, energi, dan fenomena atau kejadian alam, baik yang bersifat makroskopis (berukuran besar, seperti gerak Bumi mengelilingi Matahari) maupun yang bersifat mikroskopis (berukuran kecil, seperti gerak elektron mengelilingi inti) yang berkaitan dengan perubahan zat atau energi.
Bidang fisika secara umum terbagi atas 2 kelompok, yaitu 1. fisika klasik dan 2. fisika modern. Fisika klasik bersumber pada gejala-gejala yang ditangkap oleh indra. Fisika klasik meliputi mekanika, listrik magnet, panas, bunyi, optika, dan gelombang yang menjadi perbatasan antara fisika klasik dan fisika modern. Fisika modern berkembang mulai abad ke-20, sejak penemuan teori relativitas Einstein dan radioaktivitas oleh keluarga Curie.

3. Pengertian Kimia

KIMIA adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi,struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul,serta perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. kimia juga mempelajari tentang vpemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk m,enerapkan pengetahuan.

4. Teknik

Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya, cara yang bagaimana yang harus dilakukan agar metode ceramah yang dilakukan berjalan efektif dan efisien? Dengan demikian sebelum seorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi.

5. Pencitraan

Pencitraan atau yang disebut dengan imaging adalah kegiatan mengubah informasi/ kegiatan transformasi dari citra non digital/ tampak menjadi citra digital. Contoh alat yang bisa digunakan untuk pencitraan yaitu: kamera digital, scanner, kamera sinar-x/sinar infra merah, dan lain-lain. Pencitraan merupakan suatu usaha untuk menonjolkan citra terbaik di mata public, seperti usaha pembuktian keeksisan, usaha menunjukkan apa yang dirasakan secara sangat berlebihan hingga tidak sesuai lagi.

6. Pengertian Informatika

Pengertian Informatika adalah mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam aspek dari informatika ini.
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel kami yang berjudul Biologi integratif adalam Ilmu yang Mempelajari Semua Organisme Mahluk Hidup yang ada diBumi. Semoga saja artikel ini bermanfaat, dan salam AKOSTADER.

Daftar Bacaan Biologi

Comments
0 Comments