4 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung di Blog

Tags

https://amirakostader.blogspot.co.id/2017/04/4-cara-meningkatkan-trafik-pengunjung.html

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog – Blog bisa menjadi populer dan memiliki nilai jual salah satunya karena memiliki trafik yang bagus, memiliki jumlah pageview yang banyak. Namun untuk mewujudkan hal yang demikian merupakan PR tersendiri bagi para blogger, dengan kata lain hal tersebut tidak bisa dilakukan secara instan karena butuh waktu berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Jika kita melihat sebuah blog yang memiliki visitor ribuan bahkan lebih maka jangan mengira itu dilakukan dalam sekejap saja, blog tersebut paling tidak sudah memiliki umur dan memiliki banyak konten di dalamnya serta di dukung dengan optimasi lainnya.

4 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung di Blog

Trafik adalah poin utama yang harus dicapai dalam membangun blog, dah hal ini tidak lepas dari kerja keras dan berusaha. Setelah kita bisa membangun blog yang besar maka kita tinggal menikmati hasilnya, karena blog dengan trafik yang tinggi maka kita tidak akan pusing dan bingung dalam melakukan monetasi. Berikut ini saya ingin coba menjelaskan beberapa poin yang merupakan kunci utama dalam membangun trafik blog.

1. Jumlah Artikel

Sulit rasanya jika kita memiliki sedikit artikel namun mengharapkan trafik yang jauh lebih tinggi dibanding dengan jumlah artikel di dalamnya. Kita bisa ambil beberapa konsep dasar bahwa artikel dengan jumlah ratusan maka akan mendatangkan visitor dengan jumlah ratusan, artikel dengan jumlah ribuan maka akan mendatangkan visitor dan pagview ribuan bahkan lebih. Itu poin dasar yang sebenarnya harus di pahami, meskipun pada prakteknya ada blog yang bisa sukses dengan artikel sedikit namun mempunyai trafik yang luar biasa. Untuk memiliki jumlah artikel yang banyak maka cara satu-satunya adalah dengan melakukan update rutin dan tingkatkan jumlah artikel posting anda, misal saja 10 artikel original perhari. Namun jangan di paksakkan kalau tidak kuat.

2. Optimasi SEO

Optimasi adalah sesuatu yang harus dipelajari dan tidak instan satu atau dua minggu saja, melainkan terus berjalan seiring jalannya waktu anda mengelola blog. SEO pada dasarnya kita memahami apa yang di inginkan dan tidak di inginkan oleh search engine. Dimana search engine merupakan senjata kita untuk memperoleh trafik dan pengunjung blog. SEO simpel pada dasarnya ada 2 yaitu onpage dan offpage, mudahnya onpage adalah optimasi yang dilakukan di dalam blog sedangkan offpage adalah optimasi yang dilakukan diluar blog. Semua ini harus dipelajari jika memang anda tidak memiliki kemampuan SEO sebelumnya.

3. Jumlah Backlink

Seringkali search engine menilai popularitas sebuah blog adalah dari jumlah backlink dari blog tersebut. Backlink merupakan link yang ditautkan di situs lain dan mengarah ke blog kita, keuntungan utama dari backlink adalah untuk meningkatkan trafik blog. Backlink bisa tercipta secara natural atau secara buatan, backlink natural jika backlink tersebut tidak ada campur tangan kita sebagai pemilik blog sama sekali dan backlink buatan adalah backlink yang tercipta karena campur tangan kita secara langsung. Apapun jenis backlink tersebut maka akan sangat bermanfaat bagi blog dengan catatan tidak berlebihan dan pada kadarnya bagi backlink yang tidak natural atau alami.

4. Promosi

Promosi bisa dilakukan secara online maupun offline, promosi online misalnya menggunakan akun media sosial atau membuat fanspage dan lain sebagainya sedangkan promosi offline misal anda seorang mahasiswa maka anda bisa mempromosikan kepada teman-teman anda yang pada intinya untuk berkunjung ke blog anda. Bahkan jika anda mau gunakan promosi berbayar seperti di Facebook, pernah saya melihat salah satu website PPC. Dimana website tersebut baru berumur beberapa bulan namun trafik pengunjungnya mencapai 30 juta pageview perhari. Sumber trafik semua berasal dari situs referer.

Nah tidak lain tidak bukan cara meningkatkan trafik pengunjung blog adalah dengan melakukan beberapa poin di atas yang sebenarnya sudah kita ketahui. Optimasi secukupnya dan selalu update artikel yang berkualitas setiap hari dan selalu konsisten.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai 4 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung di Blog, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments