Tutorial VBA Excel untuk Triple Loop dan Do While Loop

Cara VBA Excel untuk Triple Loop dan Do While Loop

Tutorial VBA Excel kali ini menyambung tutorial yang sudah ada yakni bagaimana menggunakan triple loop dan do while loop. Dari pembahasan dan tutorial yang lalu kita semua sudah tahu apa yang dinamakan loop, dan diasumsikan para pembaca sudah memahami dan mengerti apa itu looping. Tanpa menunggu waktu lama, berikut ini kami sajikan bagaimana melakukan triple loop dan do while loop pada Microsoft Excel Anda.

1. Triple Loop
Anda dapat menggunakan triple loop untuk melakukan loop melalui rentang dua dimensi pada beberapa lembar Excel. Hanya tulis kode di bawah ini untuk melakukannya:

Dim c As Integer, i As Integer, j As Integer
For c = 1 To 3
    For i = 1 To 6
        For j = 1 To 2
            Worksheets(c).Cells(i, j).Value = 100
        Next j
    Next i
Next c
Satu-satunya perubahan yang dibuat dalam kode ini jika dibandingkan dengan kode pada double loop adalah bahwa kita telah menambahkan satu loop lebih dan menambahkannya pada Worksheet(c). Untuk mendapatkan rentang dua dimensi pada lembar pertama untuk c = 1, lembar kedua untuk c = 2 dan lembar ketiga untuk c = 3.

2. Do While Loop
Selain menggunakan kode For dan Next di dalam tutorial VBA Excel juga Anda akan menemukan kode lain seperti Do While Loop. Kode ditempatkan antara Do While dan Loop yang akan diulang selama bagian setelah Do While berada dalam kondisi True. Tuliskan kode di bawah ini untuk melihat hasilnya:
Dim i As Integer
i = 1
Do While i < 6
    Cells(i, 1).Value = 20
    i = i + 1
Loop

Anda akan mendapatkan hasil seperti berikut:
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/tutorial-vba-excel-untuk-triple-loop.html

Selama i lebih rendah dari 6, Excel VBA akan memasukkan nilai 20 ke dari 6, ke dalam cell pada persimpangan baris i dan kolom 1 dan menaikkan i dengan 1. Dalam Excel VBA (dan dalam bahasa pemrograman lain), simbol ‘= ‘berarti menjadi. Ini tidak berarti sama. Jadi jika i = i + 1 berarti i menjadi i + 1. Dengan kata lain: mengambil nilai dari i dan tambahkan 1. Sebagai contoh, jika i = 1, i menjadi 1 + 1 = 2. Akibatnya, nilai 20 akan ditempatkan ke dalam kolom A lima kali. Mengapa tidak enam? karena Excel VBA akan berhenti pada saat i sama dengan 6.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Tutorial VBA Excel untuk Triple Loop dan Do While Loop, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/tutorial-vba-excel-untuk-triple-loop-dan-loop/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments