Macro Excel Tutorial: Cara Membuat Microsoft Excel Form VBA

Cara Membuat Excel Form VBA

kali ini akan dijelaskan setiap aspek dari membuat form dari VBA. Bentuk dari form atau yang sering kita sebut dengan formulir di dalam Excel benar-benar sangat bagus untuk dilihat. Hal ini terlihat sangat menarik saat Anda bekerja untuk membuat User Forms. Anda dapat membangun sebuah UI yang sangat bagus (User Interface) dengan menggunakan Excel Form VBA. Dalam tutorial ini Anda akan belajar tentang semua hal tentang VBA User Form.

Cara membuat User Form dari VBA sendiri sangat mudah dan menarik. Untuk merancang sebuah form sendiri tidak perlu dibutuhkan coding sama sekali. Kode hanya diperlukan untuk membuat fungsi Form sesuai kebutuhan Anda. Untuk membuat Form, ikuti langkah-langkah sederhana dari macro excel tutorial di bawah ini:

  1. Buka lembar kerja Anda dan Tekan Alt + F11
  2. VB Code Editor akan terbuka seperti di bawah ini
Macro Excel Tutorial

  1. Klik kanan pada Microsoft Excel Object
  2. Pergi ke Insert à User Form
Macro Excel Tutorial
  1. Di Sisi Kanan Anda dapat melihat satu Default UserForm1 telah dibuat. Anda dapat melihat Toolbox juga dengan semua Kontrol yang tersedia untuk User Form.
Macro Excel Tutorial
  1. Menggunakan Tool Box dari User Form dapat Anda lakukan dengan cara Drag and drop atas semua Kontrol yang Anda inginkan pada formulir Anda. Lihatlah contoh dari formulir yang sudah jadi di bawah ini. Anda bisa menciptakan formulir Anda sendiri bagaimana pun bentuknya
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/macro-excel-tutorial-cara-membuat.html

Untuk membuat formulir pada rumus excel tersebut bisa bekerja, kita harus menuliskan beberapa baris kode. Kode ini akan dapat mengeksekusi perintah Anda kepada formulir tersebut, sehingga formulir Anda akan benar-benar berjalan sebagaimana mestinya. Di sini akan diberikan contoh seperti apa kode yang akan Anda masukkan:

Private Sub UserForm_Initialize()

UserForm1.ComboBox1.Clear

 With UserForm1.ComboBox1

 .AddItem “Junior Engineer”

 .AddItem “Engineer”

 .AddItem “Team Lead”

 .AddItem “Technical Lead”

 .AddItem “Functional Consultant”

 .AddItem “Technical Consultant”

 .AddItem “Project Manager”

 .AddItem “Delivery Manager”

 .AddItem “Group Delivery Manager”

 .AddItem “Unit Head”

 .AddItem “Regional Head”

 End With

End Sub
Macro Excel Tutorial

Pelajari dengan teliti bagaimana memasukkan kode seperti di atas.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Macro Excel Tutorial: Cara Membuat Microsoft Excel Form VBA, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/macro-excel-tutorial-cara-membuat-excel-form-vba/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments