Fungsi Trim Pada Microsoft Excel Yang Perlu di Pelajari

Fungsi Trim Pada Microsoft Excel

Fungsi Trim Pada Microsoft Office Excel – Bekerja dengan Ms. Office Excel memang gampang-gampang susah. Apalagi jika berurusan dengan data banyak, terjadi error pasti akan membingungkan. Salah satu  contohnya adalah ketika hendak ingin menggunakan formula lookup. Ketika menggunakan fungsi lookup, data tidak boleh ada yang salah, kelebihan spasipun tidak diperbolehkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut dalam Ms. Office Excel telah disediakan “fungsi TRIM”. Apa itu fungsi Trim ? Apa Manfaatnya ? Bagaimana rumus sintaksnya ? Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada ulasan berikut ini mengenai fungsi Trim pada Ms. Office Excel.

Apa itu Fungsi Trim ?

Fungsi Trim dalam Ms. Excel adalah fungsi yang digunakan untuk menghapus spasi yang ada dalam teks. Spasi yang dimaksud adalah spasi antar kata, bukan kata-kata yang tidak tersusun teratur dalam Ms. Excel. Dengan menggunakan fungsi Trim ini, semua spasi yang ada pada suatu string teks akan dihapus, tanpa perlu melakukan satu-persatu.

Bagaimana Penulisan Sintaks Fungsi Trim pada Ms. Excel ?

Dalam Ms. Excel penulisan fungsi/sintaks tidak boleh salah, meskipun hanya satu huruf. Nah, untuk menuliskan sintaks Trim yang bernar adalah

=TRIM (teks)

Ket : Teks yang dimaksud adalah teks yang memiliki kelebihan spasi atau teks yang akan dihapus kelebihan spasinya.

Apa Manfaat Fungsi Trim ?

Fungsi Trim pada Ms. Excel memiliki banyak manfaat, salah satu utamanya adalah membuat tampilan string text menjadi bagus dan tersusun rapi, sehingga bagus untuk dilihat. Selain itu, fungsi trim juga bermanfaat untuk menjadikan data sama persis/mirip/identik dengan yang aslinya. Dengan begitu, ketika dilakukan fungsi lookup baik vlookup ataupun hlookup tidak akan muncul pesan error yakni tidak akan terjadi kesalahan.

Contoh sederhana penggunakan fungsi Trim, Pada kolom A terdapat nama-nama jalan sebagai berikut :

Sel A2 : JLN Yossudarso No 15
Sel A3 : jln Tamrin no 45
Sel A4 : jln Tengku Umar no 2
Sel A5 : JLN A. Yani No 300
Sel A6 : JLN Soetomo no 33
Sel A7 : jln misbahul munir NO 345
Dari keenam contoh penulisan nama alamat jalan tersebut, ada satu penulisan yang mengandung lebih dari satu spasi, yaitu pada sel A4, di antara tulisan jln dengan Tengku. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini :


Nah, dari contoh di atas penggunaan fungsi Trim dapat dilakukan dengan mengetikkan rumus formulanya pada sembarang sel yang hendak ingin ditempatkan hasilnya. Pada contoh ini hasil Trim kami letakkan pada kolom B, tepat disamping kanan. Maka penulisan fungsi trim di kolom B adalah sebagai berikut :
Sel B2 : =TRIM(A2)
Sel B3 : =TRIM(A3)
Sel B4 : =TRIM(A4)
Sel B5 : =TRIM(A5)
Sel B6 : =TRIM(A6)
Sel B7 : =TRIM(A7)

Setelah menuliskan rumus formula tersebut, maka string teks yang terdapat lebih dari satu spasi akan dihilangkan atau dihapus. Sebagai contoh pada sel A4 yang awalnya “jln   tengku” setelah dilakukan rumus fungsi Trim maka hasilnya menjadi “jln tengku”. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/fungsi-trim-pada-microsoft-excel-yang.html
fungsi rumus trim pada excel

Kesimpulan
Fungsi Trim pada Ms. Excel sangatlah penting sekali, apalagi jika berurusan dengan data yang saling dikaitkan dengan satu worksheet ke worksheet lainnya. Selain itu, fungsi Trim ini juga menjadi solusi utama  jika terjadi kesalahan data atau data tidak ditemukan pada fungsi formula vlookup baik itu hlookup ataupun vlookup.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Fungsi Trim Pada Microsoft Excel Yang Perlu di Pelajari, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-teks/fungsi-trim-pada-microsoft-office-excel-yang-perlu-di-pelajari/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments