Fungsi MDETERM dan MINVERSE pada Microsoft Excel dan Contohnya

MDETERM dan MINVERSE pada Microsoft Excel

Fungsi MDETERM dan MINVERSE pada Excel dan ContohnyaMicrosoft Excel, adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang sangat bermanfaat untuk mereka tyang bekerja di perkantoran. Pasalnya aplikasi ini memang diciptakan khusus untuk mereka yang pekerjaannya berkaitan dengan aritmatika atau pengolahan data.

Dan pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi tentang fungsi MDETERM dan MINVERSE yang ada pada Microsoft Excel. Mugkin fungsi tersebut masih begitu asing untuk anda, namun fungsi ini berfungsi akan mempermudah anda dalam menyelesaikan masalah pengolahan data.

Fungsi Mdeterm ini adalah sebuah formula yang terdapat didalam Microsoft Excel yang biasa digunakna untuk menghasilkan sebuah nilai dengan determinan dari sekelompok angka yang ada didalam sebuah tabel.

Fungsi Mdeterm ini sendiri memiliki sintak sebagai berikut:

1. Mdeterm

yang memiliki pengertian jika array merupakan sekumpulan angka yang dimasukkan kedalam jumlah baris maupun kolom yang sama,atau bisa juga mewakili alamat sel dari data tersebut.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengerjakan fungsi Mdeterm ini, yaitu :
Jika ada sebuah sel kosong atau berisi sebuah teks, maka fungsi Mdetermni akan menghasilkan nilai kesalahan #VALUE!
Apabila jumlah kolom dan baris tidak sama, maka fungsi Mdeterm ini akan menghasilkan nilai kesalah #VALUE!
Fungsi MINVERSE ini adalah sebuah formula yang bisa digunakan untuk menghasilkan nilai sebaliknya dari sekelompok matrix yang ada didalam sebuah tabel Microsoft Excel.
Fungsi MINVERSE ini memili sintakas sebagai berikut

2. MINVERSE

yang memiliki pengertian jika array adalah sekelompok angka yang dimasukkan kedalam sebuah baris dan kolom yang sama, atau bis ajuga mewakili alamat sel data tersebut.
Argumen array ini juga bisa diwakili dengan alamat sel yang bisa berisi data numerik. Apabila sel tersebut kosong atau diisi dengan menggunakan teks, maka rumus MINVERSE ini pun akan menghasilkan nilai kesalahan #VALUE!
Contoh Soal MDETERM pada Microsoft Excel :
  • Langkah pertama silahkan anda buat 4 buah kolom dan baris dengan keterangan data 1 sampai data 4, lalu pada kolom ke 5 silahkan anda berikan kolom bernama MDETERM sebagai tempat untuk memasukan rumus nanti
  • Untuk angka yang ada di dalam data 1- data 4 bebas, silahkan masukkan nilai sesuai keinginan anda, seperti contoh berikut ini:
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/fungsi-mdeterm-dan-minverse-pada.html
  • Selanjutnya, pada kolom E2, silahkan anda masukan rumus =MDETERM(A2:D5), lalu tekan enter maka akan muncul hasilnya. Maksud dari rumus tersebut adalah, determinan matrik dari A2 hingga D5
  • Lalu pada kolom E3, silahkan masukan rumus berikut ini =MDETERM({3,6,1;1,1,0;3,10,2}), lalu silahkan anda enter. Maksud dari rumus ini adalah determinan matrix array tetap
  • Lalu pada bagian E4, silahkan anda masukan rumus berikut ini =MDETERM({3,6;1,1}),dan tekan enter. Untuk hasilnya anda bisa melihat gambar dibawah ini
mdeterm-2

Contoh Soal MINVERSE pada microsoft excel
  • Silahkan anda buat tabel terlebih dahulu yang terdiri dari 9 kolom,seperti contoh gambar dibawah ini
minverse-1
  • Lalu silahkan anda isikan nilai atau angka sesuai dgan keinginan anda
  • Pada sel A6:C8 silahkan anda blok, dan masukan rumus =Minverse(A2:C4)
  • Lalu hasilnya akan ditampilkan pada sel A6, yakni bernilai -0,5
  • Setelah itu, silahkan anda blok A6:C8, tekan f2, lalu tekan tombol Ctrl+Shift=Enter, sehingga hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.
minverse-2

Penutup


Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Fungsi MDETERM dan MINVERSE pada Microsoft Excel dan Contohnya, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.


Daftar Pustaka


  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-matematika/fungsi-mdeterm-dan-minverse-pada-excel-dan-contohnya/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments