Cara Memproteksi Workbook di Excel

Tutorial Memproteksi Workbook

Protect Workbook Anda, jika Anda bingung untuk memproteksi pekerjaan Anda, dan jika Anda takut hasil pekerjaan Anda akan dicopas atau pun diambil alih oleh tangan yang salah, maka Anda dapat melakukan perlindungan pada workbook Anda, dan jika Anda melakukan perlindungan terhadap workbook Anda, maka Anda melindunginya dari keamanan untuk tidak bisa sembarangan delete, rename, move, copy, hide ataupun unhide bagi user lain. Dan langkah – langkahnya akan dibahas dibawah ini:

Open a workbook
Bukalah 1 buah workbook seperti excel di windows Anda.
Di tab review, klik protect workbook
Protect Workbook

Klik pada Protect workbook dan jika sudah meng kliknya biasanya akan muncul sebuah tampilan yang akan membuat Anda harus memasukkan password ( password yang dimaksud bukan lah password computer Anda ) dan password yang dimaksud adalah password dari file yang Anda buat tersebut.
Check Structure, masukkan password dan kemudian OK
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-memproteksi-workbook-di-excel.html

Jangan lupa untuk mengecek tanda structurenya, dan kemudian Anda akan memasukkan password do bagian Password ( optional )
Masukkan kembali password dan kemudian klik OK
Protect Workbook

Dan ini Anda akan disuruh untuk memasukkan kembali password yang telah Anda ketik tadi, dan jangan memasukkan password yang baru, dan sesuai pesan diatas, jika Anda kehilangan atau lupa password, ini tidak bisa di recoverd, dan ini akan sangat disarankan kepada Anda untuk membuat sebuah list password dan buatlah koresponding dari password yang telah Anda buat tadi, dan nama – nama dari sheetnya itu di tempat yang benar – benar aman, dan perlu diingat bahwa passwords yang dimasukkan kesini case – sensitive. Jadi untuk huruf besar maupun kecil perlu diperhatikan.

User yang lain tidak bisa melakukan insert, edit, move, copy, hide, atau unhide di worksheets tersebut tanpa mengunlock password di worksheet tersebut.
Protect Workbook

Untuk unprotect workbook nya, click untuk masukkan passwordnya, dan sesudah memasukkan passwordnya, maka file tersebut sudah bisa dieksekusi, atau diedit, dan di insert maupun lainnya.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Memproteksi Workbook di Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/cara-untuk-memproteksi-workbook/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments