Cara Membuat Grafik Garis dengan Menggunakan VBA

Membuat Grafik Garis di Microsoft Excel

VBA Excel seperti yang kita ketahui dapat membuat grafik. Dalam tutorial ini Anda akan melihat bagaimana untuk menambahkan grafik XY di Microsoft Excel. Kita akan menggunakan data yang sama seperti pada tutorial yang lalu yang juga membuat grafik lembaran. Buat Sub baru di jendela coding Anda. Sebut saja EmbeddedChartExample. Untuk grafik dalam bentuk garis ini, Anda membutuhkan referensi yang sedikit berbeda. Untuk ini, bisa menggunakan referensi sebagai berikut:

Application.Workbook.Chart
Karena grafis dalam bentuk garis ini akan tertanam pada lembar kerja Anda, maka Anda membutuhkan referensi ke objek Worksheet:

Application.Workbook.Worksheet.ChartObject
Perhatikan bahwa grafik ini adalah ChartObject bukan hanya grafik. Bila Anda menambahkan grafik ini pada lembar kerja Anda, maka tambahkan mereka ke Chart Objects. Kesulitan lain adalah bahwa grafik tipe ini sekarang memiliki bentuk. Dan untuk memulai ini, Anda harus mendirikan sebuah jenis Chart dengan kode berikut:
 
Dim MyEmbeddedChart As Chart

Tambahkan kode ini untuk membuat grafik menjadi benar-benar grafik garis:

Set MyEmbeddedChart = ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart

Sekali lagi, kita menggunakan Set untuk mengatur sebuah objek, kali ini disebut MyEmbeddedChart. Perhatikan apa yang terjadi setelah tanda sama dengan

ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart

Kita mulai dengan referensi lembar kerja, yang dapat disebut ActiveSheet. Selanjutnya, kita perlu koleksi Shapes. Setelah Shapes, kita menggunakan metode AddChart. Anda dapat memiliki kurung bulat setelah AddChart. Antara kurung bulat, Anda dapat menentukan jenis grafik yang ingin Anda tambahkan. Seperti ini:

ActiveSheet.Shapes.AddChart(xlXYScatter).Chart

Anda juga dapat menentukan lokasi dan ukuran untuk grafik Anda antara kurung AddChart:

AddChart(Left:=200, Width:=300, Top:=50, Height:=300)

Kelima parameter ini opsional. Jika Anda kehilangan kurung bulat, VBA Excel memberikan grafik default, yang biasanya bisa Anda temukan di biasanya bagan kolom. Jika Anda ingin memilih jenis grafik, Anda dapat menambahkan baris baru.

MyEmbeddedChart.ChartType = xlXYScatter

Atau gunakan With Statement, seperti yang kita lakukan sekarang. Tambahkan kode berikut untuk Sub Anda:

Set MyEmbeddedChart = ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart
With MyEmbeddedChart
.SetSourceData Source:=Sheets(“Sheet1”).Range(“B2:B11”)
.ChartType = xlXYScatterLines
End With

Jendela coding Anda akan terlihat seperti ini:
VBA Excel 2007

Ini kurang lebih sama seperti yang Anda lakukan untuk membuat grafik lembaran. Untuk ini, ChartType adalah xlXYScatterLines. Sebuah grafik XY ini akan terlihat seperti ini ketika Anda menjalankan kode tersebut:
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-grafik-garis-dengan.html

Inilah hal luar biasa yang bisa dilakukan VBA Excel

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Membuat Grafik Garis dengan Menggunakan VBA, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-macro/menggunakan-vba-excel-2007-untuk-membuat-grafik-garis/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments