Cara Membuat Angka Random Dengan Excel

Membuat Angka Random

Panduan menggunakan rumus-rumus excel untuk membuat angkah randong atau angkah acak. Angka random biasanya digunakan untuk menentukan suatu keadaan dimana angka acak ini bisa digunakan untuk menentukan suatu kelompok belajar siswa yang adil dan tidak menurut ego masing-masing. Maka fungsi angka random ini dapat membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Biasanya dalam mentukan kelompok belajar, ditentukan dengan melakukan pengundian secara manual, namun kali ini akan dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya mari ikuti langkah berikut.

Buka lembar kerja Excel dan siapkan daftar nama yang akan di random. Seperti berikut.
Langkah ke 1 cara membuat angka acak dengan rumus microsoft excel

Selanjutnya dibawah kolom No acak pada sel D4, masukan rumus =RANDBETWEEN(1,15), gunakan fungsi Auto Fill untuk mengisi sel D5 sampai D13, maka hasilnya seperti berikut.
Langkah ke 2 cara membuat angka acak dengan rumus microsoft excel

Setelah no acak didapat, selanjutnya akan mengurutkan no acak tersebut untuk kelompok belajar, caranya blok range dari kolom Nama dan no acak, lalu klik Menubar Data >> Sort sehingga akan tampil dialog berikut.
Langkah ke 3 cara membuat angka acak dengan rumus microsoft excel

Pada kotak Sort by pilih no acak, dan bagian order pilih Smallest to Largest, klik Ok. Maka hasilnya sebagai berikut.
Langkah ke 4 cara membuat angka acak dengan rumus microsoft excel

Kita bisa lihat data nama dan no acak dengan secara otomatis dapat teracak atau melakukan random otomatis. Dari hasil diatas bisa ditentukan kelompok belajar, misalnya dibuat 5 kelompok belajar berarti setiap kelompok terdiri dari 2 orang nama, bisa kita lihat pengelompokannya seperti tampilan dibawah ini dengan ditandai warna kolom berbeda setiap kelompoknya.
http://amirakostader.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-angka-random-dengan-excel.html

Kesimpulan, dengan menggunakan angka random ini sangat membantu sekali para Guru atau ketua murid dalam menentukan kelompok belajar secara adil, agar tidak terjadi kesenjangan dalam situasi belajar bersama.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda di LingkaranDunia, serta membaca artikel yang mengenai Cara Membuat Angka Random Dengan Excel, dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan pertanyaan lewat Email, Facabook LingkaranDunia dan lewat kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini.

Daftar Pustaka

  • http://amirakostader.blogspot.co.id/
  • http://rumuslengkap.com/excel-matematika/cara-membuat-angka-random-dengan-excel/
  • http://blogpanduanmicrosoft.blogspot.co.id/

Comments
0 Comments